Menkominfo Pastikan Spektrum 1.800 MHz untuk 4G Rilis Februari

JAKARTA - Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) mendorong penerapan 4G Long Term Evolution (LTE) di Indonesia. Kominfo telah bertemu dengan pihak operator untuk menggunakan spektrum 1.800 MHz guna mendukung layanan 4G LTE. Kebijakan penggunaan spektrum 1.800 MHz ini akan dikeluarkan pada Februari 2015.

\n

"Kesiapan itu tidak hanya Kominfo, termasuk ekosistem. Kominfo dari sisi policy, regulasi, karena yang akan implementasi itu operator. Ini kerja multi Stakeholder," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara kepada Okezone, Rabu (21/1/2015).

\n

Menkominfo lebih lanjut mengatakan, sebelum implementasi 4G dilakukan, perlu dilakukan refarming atau tata ulang frekuensi. "Implementasinya akan dilakukan, karena kita harus lakukan refarming frekuensi dahulu, karena yang digunakan untuk operator itu lompat-lompat," kata Menkominfo.

\n

Pada pertengahan tahun atau semester kedua 2015, setelah kebijakan penggunaan spektrum 1.800 MHz dikeluarkan, kemudian menyusul untuk spektrum 2.100 MHz yang bakal dipakai untuk layanan 4G LTE. "Pada saat relokasi frekuensi, kita perkenalkan operator untuk mempunyai usulan dari mereka seperti apa. Pertengahan 2015 sudah bisa per cluster," tambahnya.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now