Detail Intel Kaby Lake Bocor, Ungkap Spesifikasi Prosesor Generasi Ke-7 Core i7 7700K

Pada bulan Agustus tahun 2015 lalu, Intel telah merilis jajaran prosesor terbaru untuk perangkat desktop, yang disusul dengan prosesor untuk perangkat mobile. Dengan menyuguhkan fitur baru, prosesor Intel generasi ke-6 tersebut yang memiliki kode penamaan Skylake juga menggunakan jenis RAM yang baru, DDR4.

\n\n

Namun kini, belum genap satu tahun, ada kabar mengenai spesifikasi dari prosesor generasi terbaru dari Intel, alias Kaby Lake, yang mana prosesor ini merupakan generasi ke-7 Intel. Seperti yang dilansir dari PC Gamer, Selasa (3/5/2016), dikatakan bahwa belum lama ini beredar spesifikasi detail dari prosesor papan atas Intel Kaby Lake, Core i7 7700K.

\n\n

Spesifikasi ini berasal dari sebuah software pengujian, SiSoftware Sandra 2015. Pada web software tersebut, nampak bahwa Intel Core i7 7700K menggunakan fabrikasi 14nm, mirip dengan Intel Skylake. Tadinya Intel berencana menggunakan fabrikasi 10nm pada prosesor Kaby Lake ini, namun karena ada kendala dalam masalah produksi, Intel menunda penggunaan fabrikasi 10nm tersebut pada prosesor Intel Kaby Lake.

\n\n

Pada situs SiSoftware Sandra, nampak bahwa Intel Core i7 7700K ini memiliki base clock sebesar 3,6GHz, yang dapat mencapai kecepatan 4,2GHz dengan Turbo Clock. Lalu prosesor ini juga dilengkapi dengan L2 cache sebanyak 256KB dan L3 cache sebesar 8MB. Bila dilihat, base clock dari prosesor ini memang lebih rendah dari Intel Skylake Core i7 6700K, yang memiliki base clock sebesar 4GHz, namun dengan Turbo Clock dan L3 cache yang sama.

\n\n

Diprediksi bahwa Intel Kaby Lake Core i7 7700K ini bakal memiliki Thermal Design Power (TDP) alias konsumsi daya yang lebih rendah, mengingat TDP dari Intel Skylake lebih tinggi dibandingkan dengan Intel Haswell dan Broadwell. Namun menariknya apakah dengan base clock yang lebih rendah dari Intel Skylake Core i7 6700K, prosesor Inte Kaby Lake Core i7 7700K ini bisa lebih cepat?

\n\n

Selain itu, pada data tersebut juga menampilkan beberapa detail dari prosesor Intel generasi ke-7 lainnya, seperti Core i7-7500U yang merupakan prosesor untuk perangkat laptop dengan core berjumlah dua, dengan kecepatan base clock 2.7GHz dan 2.9GHz pada posisi Turbo Clock. Lalu ada Core M7-7Y75 yang merupakan prosesor dual core dengan kecepatan base clock 1.3GHz serta 1.6GHz saat dalam keadaan Turbo Clock.

\n\n

Apakah benar spesifikasi prosesor Intel Kaby Lake seperti pada situs SiSoftware Sandra ini? Kabarna prosesor Intel Kaby Lake bakal dirilis pada kuartal ketiga tahun 2016 ini. Kita tunggu saja informasi terbaru dari Intel.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now