Gawat, Ratusan Juta Akun Email Dijual Ilegal di Rusia

Liputan .com, Moscow -  Ratusan juta akun email  dilaporkan telah diperjualbelikan secara ilegal di Rusia. Akun email yang diperdagangkan merupakan akun Gmail, Hotmail, dan Yahoo Mail.
\n
\nSeperti dilansir Reuters, Selasa (10/5/2016), Alex Holden, Kepala Keamanan Informasi dari Hold Security mengatakan bahwa ada sekitar 272.300.000 akun email yang telah dicuri dan dijual oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
\n
\nSelain ketiga layanan email populer tersebut, email Mail.ru yang diketahui merupakan layanan surel milik Rusia juga ‘kecolongan' sebanyak 57 juta akun.

\n

Setelah ditelisik, akun Yahoo Mail yang diretas telah mencapai 40 juta akun atau sebanyak 15 persen. Sementara akun Hotmail sebanyak 33 juta akun atau 12 persen, sedangkan akun Gmail hanya berkisar di 24 juta akun atau sembilan persen.
\n
\nTak hanya akun email, Holden juga mengungkap bahwa ia menemukan ribuan kombinasi username  dan password yang dicuri dari karyawan perbankan, manufaktur serta perusahaan retail Amerika Serikat.
\n
\nBahayanya, menurut Holden, informasi ini bisa saja diberikan kepada orang-orang yang tidak bertanggung jawab. “Kredensial ini malah dapat disalahgunakan berkali-kali,” ujarnya.
\n
\nSementara itu, juru bicara Mail.ru Madina Tayupova, mengatakan bahwa pihaknya tengah memeriksa apakah kombinasi username  dan password sesuai email penggunanya dan masih aktif. 
\n
\n&ldquo Kami akan memperingatkan pengguna yang telah teretas untuk segera menggantiusername  dan password secepat mungkin,” tutupnya.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now