Tampak Sungguhan, Robot Belut Ini Bisa Menyelam di Dalam Air

Liputan .com, Oslo -  Sebuah robot  dengan konsep unik diciptakan sekelompok ilmuwan perusahaan teknologi asal Norwegia, Kongsberg Maritime and Statoil. Robot tersebut tidak memiliki desain seperti robot lain (merujuk ke humanoid) pada umumnya.
\n
\nRobot ini justru memiliki bentuk lonjong seperti belut dan tampak sungguhan. Menariknya, ia dirancang untuk berenang dan bahkan menyelam ke dasar laut.
\n
\nLaman  Tech Radar, Sabtu (24/4/2016), menyebutkan robot yang juga merupakan hasil kolaborasi bersama Norwegian University of Science and Technology ini mengadaptasi bentuk belut dan membuatnya sebagai 'alat' untuk mengerjakan tugas yang tidak bisa dilakukan manusia (atau bahkan robot lain) di dasar laut.

\n

Diungkap, proses pembuatan robot tersebut memakan waktu lebih dari 10 tahun. Kendati begitu, salah seorang ilmuwan dari Kongsberg menyebutkan proses pengembangan robot ini tidak memakan banyak biaya serta membutuhkan komponen yang rumit.
\n
\n"Nantinya, robot belut ini akan bekerja untuk inspeksi visual, mengawasi bagian mesin pabrik yang tertanam di laut, serta mampu membersihkan sampah yang tertimbun di dalam laut," kata juru bicara ilmuwan Kongsberg.
\n
\nSayangnya, mereka tidak mengungkap bagaimana cara robot belut membersihkan sampah yang tertumpuk di bawah laut.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now