Mengintip Proses Pembuatan Smartphone Evercoss di Semarang

JAKARTA - Pabrik Evercoss terletak di kawasan industri Teroboyo, Semarang. Sekira 350 karyawan yang terdiri dari lulusan SMK dikerahkan di pabrik dengan luas 2,5 hektare tersebut.

\n

Dalam rilis yang diterima Okezone, Rabu (26/11/2014), ada dua tahapan proses pembuatan smartphone Evercoss, yang pertama ialah tahap Assembling serta Packaging. Tahap Assembling ini meliputi proses soldering PCB (Printed Circuit Board) dengan komponen lainnya.

\n

Setelah itu, tahap berikutnya ialah proses memasang bagian perangkat seperti casing depan, touch screen panel dan lainnya menggunakan media baut, sekrup atau metode snap fit. Kemudian, tahap berikutnya masuk pada proses quality control (QC).

\n

Tahap QC ini mendapat perhatian penting karena tahapan ini menjadi kunci keberhasilan smartphone Evercoss. QC juga termasuk melakukan uji fungsi sinyal dengan bantuan mesin khusus.

\n

Tahap berikutnya ialah proses ionisasi (steril) untuk memastikan rangkaian smartphone benar-benar steril dari kotoran, debu dan lain-lain. Setelah selesai tahap ionisasi, perangkat masuk ke tahap finalisasi.

\n

Pada tahap ini, rangkaian smartphone dibentuk menjadi unit tanpa tutup belakang. Selanjutnya, smartphone akan masuk tahap kedua yaitu Packaging.

\n

Pada tahap tersebut, smartphone akan diberi identitas imei, kemudian penempelan stiker imei di bodi PCB, penempelan stiker segel batu dan lain-lain. Proses packaging juga meliputi pengepakan unit smartphone ke dalam dus disertai komponen lainnya seperti earphone, baterai, charger, buku panduan, dan lain-lain.

\n

Selesai packaging, smartphone akan masuk ke proses penimbangan. Penimbangan dilakukan untuk memastikan apakah bobot sesuai dengan spesifikasi atau tidak.

\n

Proses pengepakan dan penyegelan menggunakan dus besar dengan volume 1 dus berisi 20 smartphone. Lalu, dus smartphone ini masuk ke gudang dalam posisi siap didistribusikan.

\n

Pabrik Evercoss di Semarang ini merupakan perakitan, quality control dan pengepakan. Untuk komponen didatangkan dari China. Sekedar informasi, upah minimum atau salary untuk karyawan pabrik Evercoss (lulusan SMK) ini ialah sekira Rp1,4 juta.

\n

Dengan spirit Go International, PT Aries Indo Global ingin menunjukkan komitmen bahwa Indonesia mau dan mampu bersaing di dunia internasional. Kini, Evercoss menjadi market leader untuk brand ponsel nasional.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now