Ilmuwan Temukan Rahasia di Balik Ngidam

PERNAH merasa ingin sekali menyantap pizza setelah melihat iklan atau bahkan hanya melihat logo restoran pizza yang begitu familiar? Hamil atau pun tidak, semua orang bisa dikatakan pernah ‘ngidam.’ Keinginan yang begitu menggebu untuk menyantap sesuatu atau melakukan hal tertentu ini menjadi fenomena menarik untuk diteliti.

\n

Tentu Anda penasaran kan? Simak penjelasan menarik berikut yang dipersembahkan Okezone Tekno dan Kurio. 

\n

Para ilmuwan dari Dartmouth College, Amerika Serikat, baru-baru ini menemukan rahasia di balik fenomena yang menggebut-gebu saat menginginkan sesuatu tersebut. Mereka menemukan bagian otak yang berperan dalam menyebabkan seseorang sangat menginginkan sesuatu. Studi yang dipublikasikan di European Journal of Neuroscience, November 2015, ini juga membawa kabar baik, karena para ilmuwan menemukan bahwa dengan mengaktifkan reseptor otak tertentu, keinginan menggebu tersebut bisa ditekan.

\n

Dalam studinya, para peneliti menggunakan teknologi baru yang disebut sebagai designer receptors exclusively activated by designer drugs (DREADD). DREADD ini merupakan reseptor buatan yang dirancang untuk meniru reseptor-reseptor alami di dalam otak. Kyle Smith, lektor Psychological and Brain Sciences di Dartmouth College mengungkapkan, mengaktifkan DREADD akan dapat menekan rasa ‘ngidam’ di ventral pallidum, yaitu area yang berperan dalam menimbulkan keinginan tersebut.

\n

Dengan adanya temuan terbaru ini, keinginan menggebu terhadap makanan bisa ditekan sehingga meminimalkan risiko obesitas karena makan yang berlebihan (overeating). Temuan ini juga bisa dimanfaatkan untuk memerangi adiksi dan mengurangi kebiasaan lain yang tidak baik, seperti merokok atau penggunaan narkoba.

\n

Ingin tahu lebih banyak tentang informasi seputar sains atau lainnya? Aplikasi pembaca berita, Kurio, bisa diandalkan untuk ini. Kurio membantu Anda untuk menemukan konten yang disukai dan dibutuhkan tanpa harus satu per satu membuka berbagai situs berita. Semuanya ada di Kurio. Konten bahkan bisa dipersonalisasi, dan Anda dapat menentukan konten apa yang ingin dibaca, menjelajah berbagai pilihan, dan memilih beberapa topik untuk secara rutin dibaca.

\n

Kurio pun tersedia gratis dan pastikan Anda mengunduhnya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan akun Twitter dan Facebook untuk menjelajah konten. Berbagai pilihan topik bisa Anda gali informasinya, mulai dari sains, gadget, startup, musik, desain, media sosial, dan lebih banyak lagi.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now