Canon Bikin Sensor Kamera 250 Megapiksel

KOMPAS com — Perlombaan resolusi sensor kamera memasuki babak baru dengan diperkenalkannya sensor baru berukuran resolusi 250 megapiksel oleh vendor Jepang, Canon.
\n
\nSensor CMOS jenis APS-H dengan ukuran 19.580 x 12.600 piksel tersebut diklaim Canon memecahkan rekor dunia dalam hal ukuran resolusi.
\n
\nBahkan, menurut Canon, sensor tersebut dapat menangkap tulisan di samping badan pesawat saat memotretnya dari jarak 18 km.
\n
\nSensor jenis APS-H sendiri memiliki ukuran sedikit lebih besar dari APS-C, tetapi lebih kecil dibanding sensor full-frame. Sensor ini biasanya diusung dalam kamera DSLR unggulan Canon EOS-1D.
\n
\nSeperti dikutip KompasTekno  dari The Verge, Senin (7/9/2015), sensor baru Canon tersebut memiliki kecepatan readout 1,25 miliar piksel per detik. 
\n
\nWalau jumlah resolusi besar cenderung mudah menghasilkan bintik gambar (noise) Canon mengatakan, sensor APS-H barunya itu memiliki performa yang bagus dalam menangani noise.
\n
\nSelain untuk memotret, sensor 250 megapiksel Canon juga bisa menghasilkan video yang diklaim 30 kali lebih tajam dibanding video kualitas 4K (empat kali Full HD) pada kecepatan 5 fps (frame per second).
\n
\nMenurut Canon, teknologi itu bisa dipakai untuk kepentingan surveillance (pemantauan) atau peranti untuk mencegah kejahatan.
\n
\nSelain itu, industri yang disasar Canon adalah perusahaan pengguna pengukuran dengan resolusi ultra-tinggi dan industri visual lainnya.
\n
\nJangan lekas berharap sensor ini ditanamkan di kamera DSLR dalam waktu cepat. Canon sendiri sebelumnya telah mengumumkan sensor 120 megapiksel APS-H pada tahun 2010, sementara kamera DSLR EOS 5DS Canon yang diluncurkan tahun ini baru mengusung resolusi 50 megapiksel.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now