Situs Online Asing Harus Diperketat Dua Peraturan

JAKARTA – Indonesia telah menjadi ladang subur dalam industri perdagangan yang berbasis internet. Namun, ternyata hal itu banyak dikuasai oleh pihak luar negeri melalui situsnya. Untuk memperoleh keuntungan dalam negeri, pemerintah pun kini telah menyiapkan dua peraturan baru yang sedang dipersiapkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

\n\n

“Regulasi terkait hal ini sudah dipersiapkan, hanya kita tidak mau langsung ngeblok IP tersebut, seperti halnya di China. Sebab, kita juga tidak akan menutup informasi terbuka untuk masyarakat,” jelas Humas Kominfo Ismail Cawidu saat dihubungi Okezone, di Jakarta, Rabu (12/11/2014).

\n\n

Menurutnya, aturan yang sedang digodok ini akan memiliki sumber peraturan yang ketat, seperti dari peraturan pemerintah terkait Undang-Undang Komunikasi Transaksi dan Elektronik. Lalu yang lainnya adalah perintah menteri.

\n\n

“Mengenai pajak yang akan ditetapkan terkait transaksi online ini, Kominfo akan bekerja sama dengan Departemen Pajak,” jelasnya.

\n\n

Dirinya juga mengungkapkan, Kominfo turut bekerja sama dengan publik terkait hal ini agar bisa mendapat masukan lebih mengenai pengelolaan situs, apakah memberi dampak positif atau justru sebaliknya yang hanya akan memberikan dampak negatif ke masyarakat.

\n\n

(amr)

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now