Uji Jaringan 5G Capai Kecepatan Internet 1 TB

LONDON - Uji coba broadband mobile 5G mencapai kecepatan 1 TB (Terabyte) per detik. Kecepatan ini diklaim 65 ribu kali lipat lebih cepat dibandingkan rata-rata jaringan 4G saat ini.

\n

Dilansir Broadbandchoices, Minggu (5/4/2015), teknologi broadband super cepat ini direkam oleh 5G Innovation Centre (5GIC) di University of Surrey, Inggris. Sebelumnya, tim peneliti di University of Surrey mengestimasi performa generasi terbaru dari broadband mobile.

\n

Tahun lalu, dalam sebuah pengujian, Samsung merekam kecepatan broadband 7,6 Gb. Laporan lainnya menyebut bahwa 5G bisa menawarkan kecepatan antara 10Gb sampai dengan 50Gb.

\n

Menurut laporan Ispreview.co.uk, peneliti menggunakan 'simulasi komputer' untuk membawa pengujian performa. Pengujian jaringan broadband ini diharapkan dapat membawa perubahan langkah lebih lanjut dalam kapasitas jaringan nirkabel.

\n

Selain itu, angka kecepatan internet tertinggi ini bisa mendorong dan menyarankan 5G pada regulator telekomunikasi Ofcom di Inggris. Menurut Rahim Tafazolli, Direktrur 5GIC, teknologi 5G ini diharapkan mulai didemonstrasikan untuk publik pada 2018.

\n

Ofcom baru-baru ini mengatakan bahwa 5G bisa tersedia di Inggris pada akhir dekade. Ofcom juga menanyakan kepada industri telekomunikasi terkait saran dan pendapat tentang persiapan kedatangan 5G.

\n

"Aspek penting dari 5G adalah bagaimana hal itu akan mendukung aplikasi di masa depan. Kita tidak tahu aplikasi apa saja yang akan digunakan pada 2020, 2030 atau 2040. Namun kami tahu mereka akan sangat sensitif terhadap 'latency'," ungkap Tafazolli.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now