Pendeknya Password Membuat Mudah Diretas

JAKARTA – Membongkar password bukan merupakan hal yang sulit dilakukan parahacker. Namun untuk mengetahui atau mendapat kata kunci tersebut bergantung beberapa faktor.

\n

Dalam keterangan dari Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) yang diterima Okezone, Minggu (22/3/2015), faktor yang menentukan durasi pembongkaran password ialah jumlah karakter atau panjangnya, penyusunan karakter, dan kemampuan komputasi komputer atau alat yang digunakan untuk menjebolpassword.

\n

Laporan itu menyebutkan, semakin panjang password yang digunakan maka durasi pembongkaran akan semakin panjang. Hal tersebut dikarenakan banyaknya proses percobaan kombinasi dari setiap karakter. Misalnya, password dengan tiga karakter lebih mudah dibobol dan hanya perlu waktu singkat dibanding password yang memuat lima karakter ‘abcde’.

\n

Salah satu teknik yang umum dilakukan untuk membongkar password yakni dengan mencoba semua kemungkinan atau dikenal dengan nama Brute Force Attack. Sehingga jika pengguna memakai password dengan jumlah karakter sedikit, risiko dijebol akan sangat besar.

\n

Namun jika jumlah karakter yang digunakan password tersebut banyak, maka orang yang berniat menjebol juga harus mencoba banyak kemungkinan, sehingga waktu untuk membobolnya menjadi lebih lama.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now