Tips Mencegah Sadap pada Ponsel

CALIFORNIA - Kasus penyadapan telefon kembali ramai menjadi perbincangan setelah laporan penyadapan terhadap dua operator besar di Tanah Air terkuak ke publik. Kali ini, Indonesia kembali menjadi target sadap Australia yang dibantu negara tetangganya, Selandia Baru. Baca (Kasus Penyadapan Menghebohkan di Indonesia).

\n

Dilansir laman EHow, Selasa (10/3/2015), penyadapan telefon menjadi populer setelah skandal Watergate pada masa pemerintahan Presiden Richard Nixon di Amerika Serikat pada 1972. Pascamunculnya telefon genggam, kegiatan sadap menyadap semakin mudah dilakukan karena banyaknya aplikasi perangkat lunak ponsel ilegal yang memungkinkan orang lain untuk memasuki ponsel.

\n

Untuk mencegah telefon genggam dari tindakan penyadapan pihak yang tidak bertanggung jawab, berikut Okezone berikan beberapa tips sederhana untuk menghindari penyadapan ponsel.

\n

 

\n

Matikan Ponsel Saat Tak Dipergunakan

\n

Matikan ponsel setiap kali tidak digunakan, hal ini akan mencegah mata-mata dari memiliki akses konstan untuk pesan teks dan catatan panggilan telepon. Selain itu, banyak program mata-mata ponsel yang mencegah pengguna untuk mematikan ponsel, sehingga mematikan telefon genggam juga merupakan cara yang baik untuk menentukan ponsel disadap atau tidak.

\n

Nonaktifkan GPS

\n

Saat tidak menggunakannya, usahakan untuk selalu mematikan sistem GPS pada ponsel. Ini dilakukan untuk mencegah mata-mata mengetahui lokasi fisik keberadaan pengguna ponsel. Selain GPS, konektivitas BlueTooth juga sebaiknya dimatikan jika tidak diperlukan untuk menghindari menerima koneksi Bluetooth dari orang yang Anda tidak kenal.

\n

Menginstall Software Anti-Spyware

\n

Beberapa situs menyediakan perangkat lunak anti-spyware yang dapat diunduh langsung melalui jaringan internet. Beberapa perusahaan juga menawarkan program anti-virus dan anti-sadap untuk kedua perangkat sekaligus, yakni ponsel dan komputer.

\n

Jika lebih sering menggunakan internet pada ponsel, pengguna dapat menggunakan kedua perangkat lunak itu untuk keamanan ekstra. Selain itu, selalu gunakan password pribadi untuk perangkat telefon genggam.

\n

Hubungi Operator Selular

\n

Jika pengguna ponsel merasa perangkat disadap orang lain, mereka harus segera menelefon operator terkait untuk segera melacak si penyadap. Jika perlu, segera minta operator layanan ponsel untuk menghapus segala informasi dari memori ponsel sebagai tindakan pencegahan ekstra.

\n

Jika masih khawatir penyadapan masih berlangsung, segeralah mengganti nomor ponsel Anda atau kembali konfirmasi kepada pihak operator untuk meyakinkan masalah telah benar-benar diselesaikan.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now