Lima Langkah Selamatkan Ponsel yang Tercebur ke Air

MIAMI - Peristiwa ponsel jatuh ke dalam air tentu pernah dialami oleh beberapa pengguna ponsel. Walupun hanya tercemplung dalam hitungan beberapa detik, hal ini sontak membuat pengguna panik.

\n

Jika Anda mengalami hal ini, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan. Berikut ini tips menyelamatkan ponsel saat keadaan basah sebagaimana dilansir laman Cnet, Rabu (25/2/2015).

\n

Pertama, tanpa membuang-buang waktu, matikan ponsel. Setelah peristiwa ponsel tercemplung, pengguna harus segera mematikan ponsel bahkan sebelum ponsel dikeringkan. Tujuan mematikan ponsel itu ialah agar air tidak memiliki kesempatan untuk masuk ke rangkaian ponsel. Sehingga langkah ini menjadi langkah yang penting.

\n

Kedua, keringkan bagian luar ponsel dengan handuk tak berserat dan perhatikan bagian-bagian tertentu seperti port, speaker, dan microphone. Kemudian bongkar bagian-bagian seperti kartu SIM dan baterai, lalu keringkan.

\n

Ketiga, tempatkan perangkat dan bagian-bagian tersebut dalam tas penyimpanan bersama dengan beberapa gel silika (ditemukan dalam produk-produk baru seperti tas) di dalamnya. Silika dirancang untuk menyerap kelembaban. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengumpulkannya, sebab ini akan diperlukan dalam keadaan darurat seperti itu.

\n

Keempat, tunggu 72 jam. Ini mungkin adalah bagian yang paling sulit di antara langkah yang telah disebutkan, sebab kini kebanyakan masyarakat modern tidak dapat lepas dari ponsel walaupun hanya beberapa jam.

\n

Kelima, setelah tiga hari berlalu, silika dinilai telah mendapatkan banyak waktu untuk menyerap kelembaban. Jika Anda melakukan dengan benar, kemungkinan ponsel akan kembali seperti semula.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now