Facebook, Instagram, dan WhatsApp Mulai Pulih Setelah "Error" Hari Ini

KOMPAS.com - Instagram, Facebook, dan WhatsApp berangsur pulih setelah sempat mengalami error pagi hari ini, Kamis (14/3/2019). Sebagian pengguna melaporkan bahwa mereka sudah bisa kembali megakses media sosial tersebut. Dari pantauan KompasTekno di situs DownDetector, pada siang ini sekitar pukul 12.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), gangguan yang dialami pengguna di sejumlah negara seperti wilayah Amerika Serikat, Eropa, Australia, dan Indonesia telah berangsur pulih.

Lewat Twitter, akun resmi Instagram juga telah mengonfirmasi bahwa layanan jejaring sosialnya sudah bisa diakses lagi.

Sejumlah warganet, termasuk yang berdomisili di Indonesia, turut mengabarkan mereka kembali bisa mengakses Facebook dan kawan-kawan.

Sudah 100 persen?

Sebelumnya, pada pagi hari ini waktu Indonesia, warganet beramai-ramai mengeluhkan layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp yang tumbang.

Bahkan saking ramainya, tagar #Instagramdown, #WhatsAppdown, dan #Facebookdown bebarengan menjadi trending topic di Twitter.

Pengguna Facebook mengaku mengalami kendala saat megirim pesan melalui Messenger, memposting konten di Facebook, dan ada pula yang mengeluh Facebook Story yang tidak muncul.

Instagram pun demikian, beberapa pengguna mengaku tidak bisa membuat Instagram Stories, tidak bisa mengrim pesan singkat, dan tombol untuk mempublikasi konten baru juga tidak bisa digunakan. Semenatra WhatsApp dikeluhkan karena tidak bisa mengrim pesan gambar.

Tak hanya aplikasi utama, aplikasi pihak ketiga yang mengharuskan log-in dengan Facebook seperti Tinder atau Spotify juga tidak bisa diakses karena gangguan terkait.

Saat berita ini ditulis, akun resmi Facebook dan WhatsApp belum memberikan konfirmasi resmi apakah error telah diatasi 100 persen atau belum.

Facebook hanya memastikan bahwa gangguan ini tidak disebabkan oleh ulah peretas (hacker). "Kami fokus untuk mengatasi masalah ini dengan cepat, tapi kami bisa memastikan bahwa gangguan ini tidak disebabkan oleh adanya serangan DDoS," tulis Facebook di akun Twitternya. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Facebook, Instagram, dan WhatsApp Mulai Pulih Setelah "Error" Hari Ini", https://tekno.kompas.com/read/2019/03/14/12530027/facebook-instagram-dan-whatsapp-mulai-pulih-setelah-error-hari-ini.  Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi Editor : Oik Yusuf