Waspada, Ransomware Ini Menghantui Pengguna Android

27

April

Waspada, Ransomware Ini Menghantui Pengguna Android

Liputan .com, Jakarta  Penjahat cyber  seakan tak pernah kehabisan akal untuk menjebak para korbannya, salah satunya dengan menyebarkan malware. Kali ini, sebuah ransomware bernama Cyber.Police dilaporkan telah menyusup ke ratusan perangkat berbasis sistem operasi (OS) Android.

Dilansir dari Softpedia, Rabu  ( 7/4/2016), peneliti dari perusahaan jaringan dan keamanan Blue Coat menemukan adanya kampanye distribusi malware mobile baru Malware ini dapat menyusup ke perangkat tanpa harus ada interaksi dengan pengguna.

Blue Coat mengatakan, kode jahat tersebut dikirim melalui malvertising alias "iklan jahat". Melalui malware  tersebut, penjahat cyber meminta "uang tebusan" kepada pengguna jika ingin menggunakan kembali perangkat mereka. Hal ini lebih dikenal sebagai ransomware.

Ransomware Cyber.Police pertama kali terdeteksi pada Desmeber 2014. Dibandingkan ransomware desktop yang mengenkripsi file, Cyber.Police hanya mengunci layar dan meminta pengguna membeli dua gift card iTunes yang masing-masing seharga US$ 100. 

Meski Apple bisa melacak gift card iTunes, tapi tetap bisa digunakan sebagai mata uang virtual di pasar peretasan bawah tanah.

Blue Coat mengklaim bisa melacak trafik yang datang dari 224 perangkat Android berbeda. Ratusan perangkat yang menjadi korban tersebut menggunakan versi Android antara 4.0.3 dan 4.4.4.

Cara mengatasi Cyber.Police

Jika Anda menjadi korban ransomware tersebut, sebaiknya jangan mengikuti permintaan mereka dengan membeli gift card iTunes. Blue Coat mengatakan, mereka berhasil menghapus malware tersebut setelah melakukan factory reset.

Sebelum melakukannya, Anda harus menghubungkan perangkat ke PC dan menyalin data personal ke komputer.

Sebagai catatan, memperbarui OS ke versi Android terbaru tidak akan membantu. Pasalnya, Cyber.Police terpasang sebagai sebuah aplikasi normal dan update Android tidak pernah menghapus berbagai aplikasi.

Sumber : http://tekno.liputan6.com/read/2492743/waspada-ransomware-ini-menghantui-pengguna-android

+ 'berita' lainnya +


  • 1 Mar 2016 14:15 pm

    Malware Android Terbaru Bisa Menghapus Data Ponsel dengan Satu Pesan Teks

    Para pengguna smartphone dan tablet Android setiap harinya dipenuhi dengan ancaman keberadaan aplikasi malware. Terlebih lagi aplikasi…

  • 14 Sep 2015 14:29 pm

    Saat Kepepet, Isi Ulang Apple Pencil Cukup 15 Detik

    KOMPAS com - Pertama kali dalam sejarah, Apple menelurkan stylus sebagai pelengkap perangkatnya. Apple Pencil, aksesoris yang…

  • 10 Sep 2015 11:08 am

    Apple Perkenalkan 'tvOS' untuk Apple TV

    CALIFORNIA nbsp;Apple nbsp;akan menggelar sebuah event pada 9 September 2015. Sebelum…

  • 14 Jan 2015 10:09 am

    Negara di Asia dengan Kecepatan Internet Tertinggi

    CANBERRA - Akamai baru-baru ini merilis sebuah laporan state of internet untuk kuartal ketiga 2014. Dalam laporan tersebut menunjukkan bahwa…

Informasi Kunjungan

  • Hits Hari Ini 88
  • Hits Bulan Ini 5.142
  • Total Hits 10.150
  • Pengunjung Saat Ini 37
  • Alamat IP Anda 54.146.11.8
Hubungi Kami

  • Alamat :

    Gedung Cyber Lt.5 Jalan Kuningan Barat No. 8 Jakarta Selatan -12710

  • No Telepon :

    +62 822 100 800 86

  • Email :

    solusi@cybermedia.co.id

© 2014 Cyber Media. All Rights Reserved. Powered by CyberMedia.