Serangan DDoS Lumpuhkan Internet di Eropa dan Amerika Serikat

Liputan6.com

\n

New Hampshire -  Otoritas Amerika Serikat tengah melakukan investigasi terkait serangan yang menyebabkan layanan internet  lumpuh. Serangan berupa Distributed Denial of Service (DDoS) ini terjadi pada Jumat (21/10/2016) waktu setempat.
\n
\nDampaknya, beberapa layanan seperti Netflix, Twitter, Spotify, Reddit, CNN, PayPal, termasuk Pinterest sempat tak dapat diakses. Situs beberapa surat  kabar seperti The Guardian, New York Times, dan Wall Street Journal juga terkena dampaknya.
\n
\nBerdasarkan penelusuran, serangan ini ternyata mengincar sistem dari Dyn, salah satu perusahaan yang menjalankan Domain Name System (DNS) dari beberapa layanan tersebut.
\n
\nSetidaknya ada tiga serangan yang menyebabkan DNS dari Dyn tak berjalan sebagaimana mestinya. Serangan pertama terjadi pada pukul 7 pagi waktu Amerika Serikat.

\n

" Kami mulai memantau dan mengurangi serangan DDos yang mengincar infrastruktur Managed DNS dari Dyn," ujar perusahaan itu melalui situsnya seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (22/10/2016).
\n
\nSementara serangan kedua terjadi pada siang hari dan serangan ketiga diketahui ada setelah jam 4 sore. Namun, saat ini semua layanan itu sudah bisa diakses seperti biasa.
\n
\nPun demikian, sejauh ini belum ada dugaan siapa pelaku dan tak ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. Selain Amerika Serikat, serangan serupa ternyata juga terjadi di wilayah Eropa.
\n
\nSerangan nbsp;DDoS  sendiri disebut memang terus meningkat dalam beberapa tahun belakangan. Menurut seorang peneliti keamanan independen Brian Krebs, internet diprediksi akan segera dibanjiri serangan dari banyak botnet baru. Kondisi itu juga didukung dengan semakin banyak perangkat yang rentan diretas.

\n\n


\nSebagai informasi, serangan DDoS merupakan usaha untuk membuat sistem komputer tak dapat digunakan oleh penggunanya. Caranya adalah memanfaatkan ribuan aktivitas palsu yang digunakan untuk menyerang sistem tersebut secara bersamaan.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now