Indonesia Mampu Jadi Lokomotif Teknologi Dunia

JAKARTA – Indonesia di era teknologi seperti saat ini seharusnya dapat menjadi lokomotif atau pemimpin di dunia teknologi. Hal itu dikatakan Presiden Direktur IBM Indonesia, Gunawan Susanto, di kantor IBM Indonesia saat ditemuia Okezonebeberapa waktu lalu.

\n

Menurutnya, dengan pertumbuhan yang ada, Indonesia sudah menjadi fastest growing market di dunia. “Indonesia itu dengan segala potensinya terlalu menonjol untuk diabaikan,” ucap Gunawan.

\n

Ia mengatakan, ada anggapan selama ini bahwa Indonesia selalu dijadikan sebagai negara pengekor atau negara yang lambat dalam mengadopsi kecanggihan teknologi masa depan yang tengah berkembang.

\n

“Orang bilang bahwa untuk menerapkan teknologi baru di Indonesia mesti menunggu beberapa tahun dulu setelah negara-negara lain. Namun, saya lihat pandangan itu semakin ke sini makin tidak valid lagi,” sanggah Gunawan.

\n

Dirinya menilai Indonesia telah leapfrog (melompat) tinggi dalam hal penggunaan teknologi. Lompatan itu dapat tercermin dengan semakin akrabnya orang Indonesia dengan perangkat mobile.

\n

“Sekarang orang Indonesia di kelas bawah malah kerap menggunakan ponsel daripada telefon line. Mungkin mereka tidak punya telefon line untuk berkomunikasi tetapi mereka memiliki handphone,” ucap Gunawan.

\n

Mobile phone, lanjut dia, adalah salah bentuk lompatan teknologi. Selain itu, terdapat fakta bahwa orang Indonesia sekarang merupakan pengguna media sosial yang sangat aktif di dunia serta pertumbuhan middle class income yang signifikan. “Hal-hal itu akan membuat market Indonesia totally different,” pungkas Gunawan.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now