Facebook Diblokir di Vietnam, Kenapa?

Liputan .com, Jakarta -  Facebook  diblokir di Vietnam. Pemblokiran ini, menurut laporan yang dihimpun dari Tech Crunch, Kamis (19/5/2016), merupakan bagian dari tindakan pemerintah di tengah-tengah protes publik Vietnam atas bencana lingkungan yang dikaitkan dengan pembuangan racun dari perusahaan Taiwan, Formosa Plastics.
\n
\nOrang-orang yang melancarkan protes menyalahkan air limbah dari perusahaan itu atas kematian ikan di peternakan dan perairan di sejumlah provinsi sentral di Vietnam. 
\n
\nMereka telah menggunakan Facebook  untuk mengatur aksi unjuk rasa, yang kemungkinan menjadi penyebab mengapa pemerintah setempat memblokir Facebook.

\n

Bahkan, laporan itu juga menyebutkan bahwa Instagram terkena dampak yang sama.
\n
\nFormosa telah membantah melakukan kesalahan yang menyebabkan hal ini. Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Vietnam pun mengatakan kasus ini disebabkan oleh alga beracun atau limbah industri. Dia juga menolak untuk menyalahkan Formosa dalam kasus ini.
\n
\nSetidaknya, 300 pengunjuk rasa di Paris Square, Ho Chi Minh City ditangkap polisi, dan banyak orang lainnya menderita luka-luka.
\n
\nUntuk diketahui, pemblokiran Facebook atau jejaring sosial lainnya sebelumnya juga pernah terjadi. Pada 2014, pemerintah Tiongkok memblokir akses ke Instagram untuk mencegah warganya melihat protes yang terjadi di Hong Kong.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now