Skybender, Proyek Penyebaran Internet 5G dari Google dengan Menggunakan Drone

Pasti kita pernah mendengar salah satu proyek Google Loon. Proyek besar dari Google tersebut rencananya bakal memberikan jaringan internet, dengan berbekal balon udara. Bahkan Presiden Joko Widodo pernah mengatakan ingin menggunakan balon udara dari Google, untuk memberikan akses internet di daerah terpencil di Indonesia.

\n\n

Nah kali ini Google juga sedang mempersiapkan proyek baru, yang mana tujuannya masih sama, yaitu memberikan akses internet ke daerah terpencil. Seperti yang dikutip dari Ubergizmo, Minggu (31/1/2016), dikatakan bahwa proyek Google ini beri nama Skybender.

\n

Tidak seperti proyek Loon, proyek Skybender ini bakal mentransmisikan jaringan internet yang sangat cepat,5G, yang disinyalir 50 kali lebih cepat dari jaringan 4G LTE. Bahkan dari hasil pengujian sementara, jaringan internet 5G ini mampu menembus angka kecepatan hingga 3,6Gbps. Nah yang menarik dari proyek Skybinder ini adalah Google tidak lagi menggunakan balon udara, namun menggunakan drone yang akan memancarkan jaringan internet.

\n\n

Tidak hanya itu, kabarnya Google telah menyewa 15.000 kaki persegi untuk melakukan pengujian proyek Skybinder, di pelabuhan pesawat luar angkasa Amerika, di New Mexico. Untuk tahap ini, Google akan menguji prototipe dari pemancar yang berasal dari drone, dengan menggunakan gelombang pemancar milimeter.

\n\n

Bahkan Jacques Rudell selaku profesor Teknik Elektro di Universitas Washington mengatakan bahwa, penggunaan gelombang pemancar milimiter yang digunakan oleh proyek Google Skybender ini sangat tepat, apalagi gelombang frekuensi yang digunakan oleh perangkat smartphone saat ini sudah sangat padat. Namun dia menambahkan juga, bahwa jangkauan dari gelombang frekuensi ini lebih pendek dibandingkan dengan gelombang pemancar pada smartphone.

\n\n

Tapi pemberitaan ini belum mendapatkan klarifikasi langsung dari pihak Google, sehingga masih banyak rumor yang mengatakan apakah Google akan berencana menggunakan drone sebagai pemancar internet. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Google.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now