Smartphone Kelak Jadi Paspor Digital

Liputan .com, Jakarta - De La Rue, produsen paspor terbesar di dunia dan perusahaan yang mencetak uang kertas Inggris, dikabarkan tengah menggarap teknologi yang bisa menyimpan paspor di smartphone.
\n
\nPaspor tanpa kertas (paperless passport) dapat berfungsi seperti halnya mobile boarding card, yang saat ini sudah dapat disimpan pada smartphone. Hal ini memungkinkan wisatawan melakukan perjalanan melalui bandara tanpa dokumen apa pun.
\n
\nNamun potensi pemalsuan, hambatan internasional, dan kemungkinan kehilangansmartphone menjadi tantangan keamanan tersendiri dari gagasan ini.

\n

" Teknologi ada di garis depan bisnis De La Rue ini, dan seperti yang Anda harapkan, kami selalu memerhatikan inovasi baru dan solusi teknologi bagi pelanggan kami di seluruh dunia," tutur juru bicara De La Rue, sebagaimana dikutip dari Telegraph, Kamis (30/3/2016). 
\n
\nPaspor tanpa kertas, lanjut juru bicara tersebut, merupakan salah satu dari banyak gagasan yang menjadi perhatiannya. Namun pada saat ini paspor tanpa kertas masih berupa konsep yang ada pada tahap pengembangan awal.
\n
\n" Paspor digital di smartphone Anda akan memerlukan perangkat keras baru untuk menyimpan paspor elektronik secara aman, sehingga tidak dapat disalin darismartphone," ujar David Jevans dari perusahaan keamanan Proofpoint menanggapi gagasan ini. 
\n
\nPasport digital tersebut, menurut David, juga harus dikomunikasikan secara nirkabel ke pembaca paspor (passport reader), karena melakukannya di layar seperti QR code tiket penerbangan dapat disalin atau dipalsukan.
\n
\nKepada nbsp;The Times, kepala eksekutif De La Rue, Martin Sutherland, mengatakan bahwa pihaknya sudah menguji konsep paspor tanpa kertas ini.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now