Lima Syarat Indonesia Bisa Menjadi Negara Smart City

JAKARTA - Saat ini Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi dan penduduk yang paling pesat di dunia, dihadapkan pada pertanyaan bagaimana dapat memberikan layanan yang optimal kepada penduduk dalam segala aspek, mulai dari sistem administrasi, transportasi, kesehatan, dan juga keamanan.

\n

Dengan perkembangan teknologi, para administrator kota kini melihat kepada konsep Smart City sebagai salah satu solusi menghadapi tantangan ini. Hitachi Data System melalui platform Inovasi Sosial siap mendukung pertumbuhan Smart City di Indonesia.

\n

Menurut lembaga konsultan global Price Waterhouse Coopers, smart city adalah kota yang menggunakan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup dan juga pengalaman hidup warganya.

\n

Ditopang oleh platform informasi teknologi yang terintegrasi, sebuah smart city harus memenuhi persyaratan berikut. Dalam keterangan tertulis resmi kepada Okezone, Selasa (1/12/2015)

\n

1. Memiliki sistem transportasi terintegrasi yang melayani multi moda (dari pejalan kaki, mobil pribadi, sampai kendaraan umum seperti bus dan MRT).

\n

2. Memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan rasa keamanan warganya.

\n

3. Melakukan manajemen lingkungan yang efektif, termasuk menangani limbah dan pengelolaan energi.

\n

4. Memiliki sentra inovasi dan pertumbuhan ekonomi yang melibatkan kolaborasi sektor pemerintah, swasta, dan akademia.

\n

5. Memberikan layanan e-government seperti layanan kartu penduduk dan surat ijin mengemudi secara online.

\n

Untuk menjadi Smart City sejati yang memenuhi semua kriteria di atas, selain diperlukan modal politik dari para administrator kota, perlu ditopang oleh platform teknologi mutakhir yang dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan kotanya.

\n

Hitachi Data System (HDS), dengan reputasinya sebagai global leader untuk end-to-end data systems dari hardware sampai dengan software berada di dalam posisi unik untuk menjadi partner bagi kota manapun yang hendak menjadi Smart City.

\n

HDS memiliki keahlian untuk menangani Big Data di berbagai industri, dari IT Infrastruktur, teknologi scanning diagnostik medis, pertambangan dan manajemen sumber daya alam, sistem pembangkit listrik tenaga angin, sistem manajemen otomotif, sistem telekomunikasi, perencanaan infrastruktur kota, dan berbagai industri lainnya.

\n

Kombinasi keahlian IT Infrastruktur, Big Data analytics, dan keahlian industri ini menjadikan HDS mitra ideal bagi bisnis maupun bagi instansi pemerintah manapun yang ingin menggali potensial Big Data yang dimiliki.

\n

Untuk Indonesia, HDS siap mengimplementasikan layanan Public Safety, yaitu suatu layanan monitoring yang terintegrasi, dapat memberikan administrator kota situational awareness yang komprehensif dengan mengagregasikan data dari berbagai sumber seperti CCTV.

\n

Perangkat teknologi dan data lainnya dengan memanfaatkan teknologi video analytics yang mutakhir, ditopang oleh software dan hardware HDS yang mutakhir, dapat menjadi solusi komprehensif bagi kemanan di Smart City.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now