Apple Tawarkan Indonesia Kerjasama seperti Brasil

JAKARTA - Aturan mengenai tingkat kandungan dalam negeri (TKDN), membuat Apple harus putar otak. Dalam pertemuan dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Apple meminta kerja sama yang ditawarkan kepada Indonesia sama dengan Brasil.

\n

“Apple maunya model (kerja sama) seperti Brasil diadopsi di Indonesia. Saat ini belum detail, tetapi mereka berpikir untuk bangun research and development di Indonesia," kata menteri saat ditemui di Graha XL, Jakarta, Jumat (16/10/2015).

\n

Dalam pertemuan tersebut, Pemerintah Indonesia juga menjelaskan mengenai komponen-komponen apa saja yang masuk dalam perhitungan 30 persen TKDN. Tidak hanya komponen hardware, namun software juga termasuk dalam penghitungan tersebut.

\n

"Kami jelaskan soal TKDN. Kemenperin kan saat ini sedang menyiapkan detail yang 30 persen ini, namun arahnya dibagi. Ada yang ke Development, isinya ada research and development, desain, dan sebagainya. Ada yang ke arah manufaktur, software dan hardware, nanti detilnya dari Kemenperin," tuturnya.

\n

Seperti diketahui, awal September lalu Kemenperin mengungkap tengah membahas cara menghitung software dan design house sebagai bagian dari TKDN. Meski demikian, jumlah tersebut harus tetap proporsional jika dibandingkan dengan nilai TKDN dari investasi pendirian pabrik manufaktur.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now