Maraknya Vandalisme di Wikipedia

JAKARTA – Wikipedia adalah proyek urun daya (rame-rame) yang melibatkan banyak orang dalam menulis sebuah artikel. Meski bersifat rame-rame dan sukarela, bukan berarti artikel yang dibuat tidak akurat.

\n

“Mereka diwajibkan untuk memberi referensi pada tulisan yang dibuatnya karena konsep Wikipedia adalah ensiklopedi,” kata salah satu pengurus Wikipedia Indonesia, Bonaventura Aditya Perdana atau lebih dikenal dikalangan Wikipedia dengan nama Bonaditya kepada Okezone, Jumat (14/11/2014).

\n

Pengrusakan artikel atau dikenal sebagai vandalism sering terjadi di Wikipedia. Menurut Bona, vandalisme yang sering dilakukan adalah dengan merusak artikel dengan huruf acak (ditulis dengan sembarangan). Kedua, menyunting artikel yang seakan fakta ternyata bukan. Ketiga adalah memutar-balikkan fakta.

\n

“Misalnya artis A disunting lahir di kolong jembatan. Itu tidak benar dan bagian dari vandalism,” kata Bona. Karena itu menurutnya, penyertaan sumber referensi itu sangat penting. Pengguna baru diminta untuk mempelajari tata cara penulisan Wikipedia.

\n

Bila pengguna melakukan vandalisme, beberapa pengguna aktif dan pengguna sangat aktif akan turun tangan mengembalikan ke artikel semula atau menyunting artikel dengan benar.

\n

“Semua sebaiknya diselesaikan di ‘warung kopi’,” kata Bona. Warung kopi adalah salah satu bagian di Wikipedia tempat diskusi antar sesama pengguna Wikipedia. Pengurus Wiki akan memantau semua ide yang terlontar.

\n

Meskipun bersifat urun daya, jika seorang pengguna melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan, pengurus tak segan memblokir akunnya. Pemblokiran itu menurut Bona bisa dalam bermacam rentang waktu. "Bisa hanya sehari, seminggu, sebulan, tiga bulan sampai pemblokiran permanen yaitu selamanya,” kata Bona. Diblokir sehari biasanya untuk pelanggaran kecil.

\n

Seseorang bisa diblok selamanya jika orang mengaku dari pihak B ternyata bukan.

\n

Bisa terjadi seseorang yang diblok kemudian membuat akun dengan nama lain. "Tapi biasanya pengurus akan jeli jika ada anonim," kata Bona. Bona sendiri tak menampik banyak penyunting di Wikipedia bersifat anonim. "Tapi pengguna yang menggunakan nama asli jauh lebih banyak dari anonim," kata Bona. Pengurus biasanya mencatat IP Address pengguna sehingga jika satu orang memakai dua atau lima akun akan terlihat.

\n

Hal lain yang sering dilakukan oleh pengguna adalah menulis dirinya sendiri dalam Wikipedia. “Seorang bisa ditulis di wikipedia jika sudah pernah ditulis minimal oleh dua media dengan format profil,” kata pengurus Ricky Setyawan. Ditulis oleh dua media itu menunjukkan bahwa seseorang itu memang punya kiprah yang layak diketahui oleh orang banyak. Ricky juga menganjurkan bahwa seorang tokoh ditulis di Wikipedia oleh orang lain bukan tokoh itu sendiri untuk menjaga netralitas. “Tetap terbuka jika tokoh itu lakukan suntingan atas tulisan tentang dirinya bila ada yang dianggap kurang pas,” kata Ricky.

\n

Memang tak mudah bagi pengurus yang hanya berjumlah 24 orang untuk menangani seluruh masalah di Wikipedia. Apalagi mereka bekerja secara sukarela tanpa dibayar. “Karena itu penting bagi pengguna untuk memperlakukan artikel dengan baik. Artinya artikel itu punya sumber dan tidak lakukan vandalism,” kata Bona.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now