Ini yang Terjadi jika Komet Menabrak Matahari

CALIFORNIA – Manusia sering kali berimajinasi mengenai dampak yang akan terjadi jika komet besar menghantam Bumi. Namun, jarang ada yang membayangkan apa yang akan terjadi jika komet raksasa terlempar ke Matahari.

\n

Mengutip nbsp;Gizmodo, Senin (27/7/2015), sebuah tim astronom melakukan sebuah penelitian untuk mencari tahu apa yang akan terjadi jika komet menghantam Matahari. "Saya memberikan ceramah tentang ini dan saya menyebutnya bola salju supersonik di neraka," ujar, John Brown, dari asosiasi Astronomer Royal for Scotland.

\n

Komet berukuran kecil yang dilemparkan ke Matahari akan mirip seperti bola salju yang dilemparkan ke dalam tempat yang sangat panas. Komet tersebut akan mengalami proses sublimasi atau berubah menjadi benda gas tanpa mencair terlebih dahulu.

\n

Jika komet kecil akan langsung berubah menjadi gas saat menabrak Matahari, berbeda dengan komet yang berukuran sangat besar. Jika ada komet raksasa masuk ke wilayah gravitasi Matahari, maka kecepatan komet tersebut akan meningkat drastis menjadi 600 km per detik.

\n

Daya tarik dari Matahari akan meratakan komet sebelum akhirnya meledak seperti bom dan melepaskan energi dalam jumlah sangat besar. Ledakan itu berpotensi menyebabkan gempa Matahari di seluruh atmosfer, bahkan Bumi juga akan terpapar ledakan sinar UV dan x-ray.

\n

Namun fenomena spektakuler itu baru akan terjadi jika komet yang menabrak Matahari itu memiliki masa 10,9 kilogram atau setara berat Piramida Giza di Mesir. Sebagai informasi, komet Ison dan Lovejoy yang memiliki berat 100 kali lebih besar dari Piramida Giza telah menyerempet permukaan Matahari dalam beberapa tahun terakhir.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now