Google Maps Bisa Tunjukkan Jejak Perjalanan

KOMPAS com - Google baru saja merilis sebuah fitur baru untuk aplikasi peta Google Maps, Rabu (22/7/2015). Fitur yang dinamakan Your Timeline ini mengizinkan pengguna untuk melihat jalur mana saja yang dilewati setiap harinya.
\n
\n"Your Timeline bisa membuat Anda membayangkan rutinitas kehidupan nyata, mempermudah melihat perjalanan yang telah ditempuh, dan sekilas melihat tempat menghabiskan waktu," tulis Gerard Sanz, Product Manager Google Maps, dalam blog resmi perusahaan.
\n
\nGoogle sendiri menjamin, fitur tersebut bersifat pribadi dan hanya bisa dilihat sendiri. Pengguna pun tidak bisa membagikan sejarah lokasi yang telah ditempuhnya kepada pengguna lain.
\n
\nPengguna juga diberikan kebebasan untuk mengatur timeline-nya itu. Dalam artian, pengguna bisa menghapus sejarah jalur atau tempat yang dilaluinya.
\n
\n"Anda bisa mengedit tempat mana saja yang muncul di Your Timeline, termasuk menghapus lokasi spesifik atau memberikan tempat yang sering dikunjungi nama tersendiri, seperti Rumah Ibu atau Jalur Lari Favorit Saya. Tempat tersebut nantinya akan muncul di Google Maps setiap Anda log in," lanjut Sanz.

\n
\n 

\n
\"\"GoogleYour Timeline
\n

Selain itu, Google juga mengintegrasikan fitur baru tersebut dengan aplikasi Google Photos. "Jika Anda menggunakan Google Photos, kami akan menampilkan foto yang dijepret di hari tertentu, untuk membantu mengingatkan," tuturnya.
\n
\nYour Timeline sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan fitur Location History, yang juga ada di Google Maps. Bedanya, fitur Your Timeline lebih mudah untuk diakses dan memiliki tampilan yang lebih baik. Tampilan fitur ini, seperti KompasTekno  rangkum dariVenture Beat, memiliki desain khas Android 5 Lollipop, Material Design.
\n
\nNantinya, fitur tersebut bisa diakses langsung melalui toolbar yang ada di sebelah kiri layar perangkat Android. Toolbar tersebut dapat diakses dengan menekan simbol tiga garis yang ada di kotak pencarian, persis di sebelah kata Google. 
\n
\nPengguna juga bisa menyapu layar ke arah kanan untuk membuka menu tersebut. "Your Timeline" terletak di bagian atas, tepat di bawah Your Places.
\n
\nSatu hal yang harus diingat, fitur Your Timeline baru bisa digunakan apabila pengguna mengaktifkan fitur "Location History" di perangkat Android. Biasanya, menu tersebut dapat dilihat di bagian Setting, kemudian Privacy.
\n
\nFitur Your Timeline sendiri baru akan dirilis untuk platform Android dan PC saja. Google melepas fitur Your Timeline secara bertahap. Hingga saat ini, fitur tersebut belum bisa dicoba di Indonesia.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now