Awal Juli, 4G LTE Digelar Serentak di 5 Kota

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, pihaknya akan menggelar layanan 4G Long Term Evolution (LTE) pada frekuensi 1.800 MHz. Rencananya, layanan 4G tahap kedua ini akan digelar secara serentak di lima kota besar di Indonesia pada awal Juli 2015.

\n

"Saya serahkan kepada teman-teman (operator). Kalau mereka sudah siap untuk 4G LTE, maka akan kami gelar. Tinggal bagaimana operatornya saja, kami serahkan kepada mereka," ujar Rudiantara di sela-sela Apel Kesiapan Jaringan Mudik Lebaran 2015 di Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu, 24 Juni 2015.

\n

Operator seluler yang akan mengomersialkan layanan 4G LTE di 1800, XL Axiata, Indosat, Hutchinson 3 (Tri), dan Telkomsel. XL dan Telkomsel mempunyai blok kanal sebesar 22,5 MHz, diikuti Indosat dengan 20 MHz, dan Tri 10 MHz.

\n

Namun, pada gelaran layanan internet cepat berbasis mobile ini akan diramaikan oleh Smartfren sebagai satu-satunya operator seluler berbasis CDMA. Layanan 4G LTE milik Smartfren akan mengandalkan jaringan di frekuensi 800 MHz.

\n

Layanan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz akan dirasakan masyarakat di Makassar (Telkomsel), Lombok (XL Axiata), Balikpapan (Indosat), dan Banjarmasin (Tri). Sementara, Smartfren akan menggelar‎ di Batam.

\n

"‎Digelar serentak, karena Indonesia bagian timur hampir selesai di reforming (tata ulang) pada frekuensi 1800 MHz, mulai dari Papua hingga Kalimantan. Kalau Smartfren di Batam menggunakan frekuensi 850 MHz, supaya update kalau mereka juga sudah bisa 4G," kata Chief RA, begitu Rudiantara disapa.

\n

Frekuensi 1800 MHz harus ditata ulang terlebih dahulu sebelum menggelar layanan jaringan generasi keempat ini. Sebab, blok kanal para operator masih tidak berdampingan. Untuk itu Kominfo bersama operator melakukan refarming di seluruh Indonesia yang berjumlah 42 cluster.

\n

Sebelumnya pemerintah telah menggelar layanan 4G tahap pertama di 900 MHz pada akhir Desember lalu. Namun, untuk kecepatan akses internetnya masih kalah cepat dengan 3G, karena lebar pita di 900 MHz hanya 5 MHz. Sementara di 1800 MHz lebar pitanya mencapai 75 MHz, dimana kecepatan akses internet bisa menembus 100 Mbps.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now