Pentingnya Regulasi Jejaring Sosial Asing di Indonesia

JAKARTA - Kehadiran situs jejaring asing dirasa perlu mendapatkan aturan atau regulasi yang jelas karena sudah semakin marak dan masif digunakan oleh masyarakat. Menurut Mahfudz Siddiq, Pimpinan Komisi I DPR RI, agar mendorong iklim kreativitas anak negeri, ke depan akan ada regulasi yang akan diberlakukan untuk jejaring sosial tersebut.

\n

"Sudah saatnya pemerintah dan DPR mengevaluasi sektor telekomunikasi terkait dengan besarnya pengguna jaringan sosial media dan internet," ucap Mahfudz.

\n

Lebih lanjut Mahfudz mengatakan, seiring dengan peningkatan pengguna internet dan jejaring sosial di Tanah Air, boleh dibilang belum ada regulasi yang mengatur hal itu. Mahfudz juga menyampaikan, setidaknya ada tidak aspek yang akan menjadi landasan dari regulasi tersebut.

\n

"Pertama adalah aspek kedaulatan, aspek keamanan, dan terakhir aspek nilai ekonomi," tambah Mahfudz.

\n

Aspek kedaulatan, kata Mahfudz, mengacu pada batasan batasan di dunia cyber agar penggunaannya tidak sampai kedaulatan negara. "Karena kalau kita lihat sekarang keterbukaan informasi semakin menghilangkan kedaulatan kita," tandasnya.

\n

Kedua, aspek keamanan adalah aturan-aturan yang akan diberlakukan agar penggunaan internet jangan sampai membuat kerawanan di masyarakat. Meluasnya interaksi di ruang maya terkadang diikuti oleh tindakan kriminal.

\n

Terakhir aspek nilai ekonomi, dimaksudkan agar Indonesia sebagai negara juga mesti mendapatkan keuntungan ekonomi dari situs situs tersebut. "Situs jejaring sosial itu juga harus memberikan benefit secara ekonomi," tegasnya.

\n

Pemikiran ini, kata Mahfudz, akan diusulkan masuk program legislasi nasional 2015-2019. Namun, akan diprioritaskan untuk tahun 2015.

\n

Ketika ditanya apakah mungkin nanti Indonesia mengembangkan dan memiliki jejaring sosial atau peramban sendiri seperti di Weibo dan Baidu di China. Mahfudz menjawab, pemerintah akan sangat mendukung industri kreatif berkembang di Tanah Air.

\n

"Diharapkan regulasi ini akan mendorong iklim tersebut semakin besar," tutup politisi PKS ini.

\n

(ahl)

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now