Go International, Telkom Bangun Data Center di Singapura

JAKARTA - PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui entitas anak usahanya, Telekomunikasi Indonesia International Pte. Ltd. Singapura (Telin Singapore), melakukangroundbreaking ceremony data center di Jurong, Singapura, baru-baru ini.

\n

Upaya itu dilakukan dalam rangka mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan terhadap cloud computing dan big data analytic di luar negeri. Data center ini merupakan data center ketiga yang dibangun Telin Singapore, setelah sebelumnya di Changi dan Tai Seng.

\n

Groundbreaking ini dilakukan oleh Menteri BUMN RI, Rini Soemarno dan Senior Minister of State (Trade & Industry), Lee Yi Shyan, serta dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk Singapura Dr. Andri Hadi dan Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga.

\n

Pembangunan data center di Singapura ini merupakan salah satu strategi Telkom dalam melakukan pengembangan bisnis internasional. Hal ini didukung oleh riset dari sebuah perusahaan penelitian teknologi, TechNavio yang memaparkan bahwa pasar data center di Asia Tenggara diharapkan berkembang hingga CAGR, mencapai 18,05 persen dari tahun 2014 hingga 2019.

\n

Investasi yang dilakukan Telkom melalui pembangunan data center di Singapura difokuskan untuk menarik revenue dari pelanggan korporasi di Singapura. Diharapkan pelanggan tersebut dapat ditawarkan mirroring layanan ke Indonesia sehingga nantinya bisa dilayani dari Indonesia. Hingga akhirnya, Indonesia dapat menjadi penghubung komunikasi Internet/data ke berbagai negara.

\n

Dalam keterangan yang diterima Okezone, Rabu (17/6/2015), melalui Telin Singapore, diharapkan dapat mendukung bisnis internasional Telkom dan menjadikan Telkom sebagai salah satu pemain internasional di Singapura dengan kualitas layanan yang handal.

\n

Pemain Besar Bisnis Data Center di Indonesia

\n

Di Indonesia sendiri, Telkom juga melakukan pembangunan data center secara agresif. Telkom menjalankan bisnis data center tersebut melalui entitas anak usahanya Telkomsigma. Saat ini, Telkomsigma telah memiliki data center seluas 70.000 m2 yang tersebar di 5 (lima) kota dan pada akhir 2015, ditargetkan data center Telkom dapat mencapai 100.000 m2.

\n

Ini merupakan kapasitas data center terbesar yang pernah disediakan perusahaan di Indonesia dan menjadi salah satu kontribusi Telkom untuk membangun Indonesia. Dari data center yang telah dimiliki saat ini, total customer based-nya Telkomsigma mencapai 300 perusahaan, baik perusahaan Indonesia termasuk goverment maupun perusahaan asing.

\n

Pada kesempatan Groundbreaking tersebut, juga telah disepakati pembentukan joint venture (perusahaan patungan) antara Telkom dengan Singapore Telecommunication Limited (SingTel) yang direncanakan akan mulai beroperasi pada tahun 2016.

\n

Perusahaan patungan ini akan beroperasi di Indonesia dan menggarap pasar perusahan-perusahaan besar di berbagai sektor usaha dengan memanfaatkan kapasitas data center di Indonesia yang sudah dimiliki Telkom, yang saat ini sudah mencapai 70.000 m2.

\n

Pemilihan SingTel sebagai mitra joint venture dikarenakan SingTel sudah memiliki pengalaman dalam penyediaan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan oleh perusahan-perusahaan multi nasional.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now