Google Luncurkan Fitur Tanya Jawab Berbahasa Indonesia

JAKARTA - Ada dua hal yang berbeda dari perilaku netizen saat mencari di Google, mereka cenderung mengetik kalimat yang lebih panjang, dan menggunakan bahasa yang kasual seperti berbicara dengan seorang teman.

\n\n

Sebagai contoh, jumlah pencarian “cara membuat” di Google Indonesia meningkat 80 persen sejak tahun 2011, dan kata kunci yang digunakan juga berubah lebih kasual dan mencerminkan rutinitas keseharian.

\n\n

Melihat adanya perubahan perilaku netizen ini, Google meluncurkan kampanye bertajuk “Tanya aja Google App” yang didesain sesuai dengan perilaku pengguna saat mencari di Google. Kampanye ini bertujuan untuk membuat pengguna semakin mudah dalam menemukan informasi, sekaligus memperkenalkan fitur suara “OK Google” yang sudah dapat diaktifkan dalam Bahasa Indonesia melalui setelan bahasa di ponsel.

\n\n

Dengan tambahan fitur ini, pengguna tak perlu mengetik untuk mencari di Google. Cukup katakan “OK Google”, dan mereka bisa melakukan pencarian. Ketika pengguna bertanya pertanyaan seperti “Hasil skor Liga Inggris” atau “Restoran Bakmi dekat saya”, Google App akan menjawab pertanyaan secara langsung, dalam Bahasa Indonesia.

\n\n

“Netizen tak hanya menggunakan Google untuk pertanyaan-pertanyaan serius atau akademis saja, tapi juga untuk membantu mereka mendapatkan informasi yang tepat dalam waktu yang tepat, seperti saat sedang memasak atau menonton bioskop,” tutur Consumer Marketing Google Indonesia, Sandy Tantra dalam keterangan persnya.

\n\n

Dengan pencarian berbasis suara, lanjut Tantra, Google berharap pengguna di Indonesia semakin mudah menemukan informasi yang mereka perlukan.

\n\n

Kampanye “Tanya aja Google App” akan menampilkan pertanyaan-pertanyaan unik Google di pusat-pusat aktivitas seperti bioskop, gym, food court, supermarket, hingga commuter line.

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now