Dorong Akses Internet, Elon Musk Luncurkan 700 Satelit

CALIFORNIA - Elon Musk, pendiri SpaceX, perusahaan swasta yang bergerak di bidang antariksa atau pembuatan roket luar angkasa mengumumkan pihaknya akan meluncurkan 700 satelit. Satelit ini akan mendukung akses internet secara global, sehingga diharapkan penduduk bisa menikmati internet di seluruh dunia.

\n

Dilansir Itproportal, Senin (10/11/2014), Elon Musk memiliki keinginan memberikan akses internet di seluruh dunia. Ia juga dikenal sebagai pengusaha mobil listrik dan menjadi salah satu pendiri Tesla Motors.

\n

Menurut kabar Wall Street Journal, Musk berbicara pada Grek Wyler yang mendirikan WorldVu Satellites untuk merealisasikan proyek tersebut. Grek melalui WorldVu Satellites konon memiliki potongan spektrum 12-18GHz.

\n

Spektrum tersebut bisa dipakai untuk susunan besar satelit untuk menyebarkan akses jaringan. Satelit yang diluncurkan merupakan model yang termurah dan memiliki berat 100 kilogram.

\n

Kabarnya, satelit tersebut memiliki bentuk setengah lebih kecil dibandingkan satelit untuk penggunaan komersial. Proyek tersebut akan memakan hingga miliaran dollar Amerika Serikat.

\n

Belum diketahui kapan 700 satelit itu akan diluncurkan. Tidak disebutkan pula apakah proyek tersebut dilakukan untuk membawa konektivitas internet ke seluruh dunia atau ditujukan untuk menggerakan keuntungan bagi perusahaan.

\n\n

(ahl)

\n

Share this Post:

We provide best consulting services. Meet our Experts and Get Free Consulting! Contact Now