Domain dan Hosting

-

Domain

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. Jadi domain adalah identitas anda di Internet.

Domain memiliki beberapa level, yaitu :
1. Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti

  • com (dotcommercial)
  • net (dotnetwork)
  • org(dotorganization)
  • edu(doteducation)
  • gov(dotgoverment)
  • mil(dotmilitary)
  • info (dotinfo)
  • dll

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).

2. Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.

3. Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau estrex.domainku.com.

Adapun layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst. Atau yang gratis seperti co.cc, cz.cc dst.

Daftarkan Nama Domain Anda Disini :

UNDER CONSTRUCTION

 

Hosting

Hosting adalah space harddisk dalam komputer server  yang digunakan untuk penyimpanan database, email dan file web.

Ada banyak spesifikasi hosting, tetapi beberapa yang penting adalah :

  • Space / kapasitas hosting : Ini adalah besarnya data yang bisa Anda taruh di hosting. Ukurannya adalah Megabytes, Gigabytes, Terabytes
  • Bandwidth atau besarnya kuota transfer data per bulan. Ukurannya adalah Megabytes/bulan, Gigabytes/bulan, Gigabytes/bulan. Bandwidth ini direset ke nol tiap bulannya.
  • Jumlah database : Ini adalah menentukannya banyaknya database yang bisa Anda buat / taruh di hosting
  • Jumlah addon domain : Banyaknya domain lain yang bisa Anda tambahkan ke hosting
  • Jumlah akun email : Banyaknya akun email yang bisa Anda buat

Beberapa Jenis Hosting :
1. Shared Hosting, Shared hosting adalah layanan hosting dimana sebuah account hosting diletakan bersama-sama beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama, dan memakai services bersama-sama. Keuntungan shared hosting adalah harganya yang murah, namun kerugiannya adalah tingkat privasi dan performa yang tidak maksimal.
2. Virtual Private Server atau VPS Hosting, VPS adalah sebuah server yang dibagi menjadi beberapa VM (Virtual Machines), dimana di setiap VM adalah berupa “Virtual server” yang dapat di install system operasi tersendiri. VPS terasa seperti sebuah Dedicated Server. Kelebihan VPS dibanding shared hosting adalah, dengan VPS anda mendapatkan resource yang lebih pasti, baik CPU, Memory, maupun spacenya. Sehingga tidak terganggu jika ada problem pada website tetangga anda (yg dalam 1 server). Juga mendapatkan root akses sehingga lebih leluasa dalam mengkustomasi server sesuai kebutuhan anda.Kelebihan VPS dibanding Dedicated Server antara lain VPS lebih Fleksibel. Anda hanya perlu membayar resource yang anda butuhkan, nanti jika kebutuhan meningkat, bisa di upgrade tahap demi tahap.
3. Dedicated Hosting, adalah tipe hosting dimana anda menyewa satu server secara utuh tanpa dibagi dengan user yang lain. Hanya anda sendiri yang menempati server tersebut. Anda berkuasa penuh atas server tersebut termasuk pemilihan sistem operasi, hardware, dan sebagainya. Namun anda tidak perlu repot2, karena biasanya provider (perusahaan web hosting) juga menyediakan support untuk instalasi software2 tersebut sehingga sudah dalam kondisi yang siap pakai. Yang perlu anda ketahui, meskipun anda mempunyai kontrol penuh atas server tersebut, bukan berarti server tersebut milik anda. Hardware tersebut tetap milik provider, anda hanya menyewa saja.
4. Colocation Hosting, adalah layanan untuk menghosting server milik anda, Server disediakan oleh anda, dan diletakkan di Data Center Qwords.com. Tujuan meletakkan server di data center Qwords.com adalah agar server milik anda (beserta data di dalamnya, semisal website, program) dapat diakses dari seluruh dunia dengan cepat, dan biayanya lebih murah.

Pilih Kapasitas dan Jenis Hosting Yang Anda Butuhkan Disini :

UNDER CONSTRUCTION

 

Informasi Kunjungan

  • Hits Hari Ini 49
  • Hits Bulan Ini 5.675
  • Total Hits 216.812
  • Pengunjung Saat Ini 37
  • Alamat IP Anda 54.87.112.248
Hubungi Kami

  • Alamat :

    Gedung Cyber Lt.5 Jalan Kuningan Barat No. 8 Jakarta Selatan -12710

  • No Telepon :

    +62 822 100 800 86

  • Email :

    solusi@cybermedia.co.id

© 2014 Cyber Media. All Rights Reserved. Powered by CyberMedia.